10 Alasan Payudara Terasa Nyeri yang Tidak Berbahaya

Pernah merasakan Payudara Terasa Nyeri? Wanita terkadang akan merasa cemas bila merasakan nyeri pada bagian payudaranya. Mereka khawatir kalau saja ada sesuatu yang salah dengan payudaranya. Belum lagi ciri-ciri kanker payudara yang mungkin hampir mirip seperti merasakan nyeri pada bagian tertentu, membuat para wanita bahkan menjadi panik. Payudara adalah salah satu organ tubuh wanita yang harus diperhatikan kesehatanya. Jika rasa nyeri muncul, sebenarnya tidak selalu karena ada masalah yang serius pada bagian tersebut. ada faktor lain yang bisa menyebabkan Payudara terasa nyeri, bahkan rasa sakitnya sering muncul tiba-tiba.

Woman Breast

Berikut ini telah dirangkum 10 Alasana Payudara Terasa Nyeri yang Tidak Berbahaya Untuk Wanita :



1. Menstruasi

Menstruasi yang merupakan siklus bulanan yang didalami hampir setiap wanita ini, terkadang membuat bagian payudara kita menjadi sakit. Ketika seorang perempuan sedang sedikit emosi dan tidak stabil , serta nafsu makan yang meningkat. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormone yang terjadi dalam sel telurnya.

2. Menopause

Seorang wanita akan mengalami menopause setelah menginjak usia keemasan dalam hidupnya.  Tubuh wanita akan mengalami fluktuasi kadar hormone. Tubuh wanita memproduksi dua hormone penting, yaitu estrogen dan Progesteron. Kedua hormone ini akan berkurang dan tubuh perlu membiasakan diri. Hal ini juga bisa menyebabkan pembengkakan payudara dan rasa nyeri pada payudara. Istilah ini disebut Mastalgia. Wanita yang sedang mengalami masa menopause biasanya akan merasakan ini hingga beberapa tahun. namun kamu tidak usah khawatir karena ini berlangsung secara normal, bukan karena ada kesalahan pada Payudara kita.

3. Olahraga Yang Berlebihan

Olahraga memang baik untu kesehatan tubuh. Olahraga juga dipilih untuk membentuk badan agar lebih langsing. Namun, jika olahraga dilakukan secara berlebihan  maka akan timbul rasa nyeri pada bagian Payudara. Olahraga yang bisa menyebabkan rasa nyeri ini muncul adalah Sit Up, Push Up atau juga angkat beban. Rasa nyeri ini ternyata muncul karena bagian otot di bawah jaringan payudara mengencang karena olahraga dilakukan secara berlebihan. Perlu beberapa hari untuk menghilangkan rasa nyeri ini, namun biasanya setelah 3 hingga satu minggu, sakitnya akan hilang.

4. Bra Yang Tidak Sesuai

Para wanita menggunakan Bra untuk menjaga agar payudara mereka lebih nyaman. Menggunakan Bra juga akan dapat melindungi payudara kita, saat kita menggunakan pakaian yang mungkin berbahan  kasar dan cukup kurang nyaman jika bergesekan dengan kulit. Namun, menggunakan Bra yang kurang tepat ternyata dapat membuat Payudara kita ini terasa nyeri. Bra yang terlalu kecil atau terlalu besar akan menimbulkan efek yang sama. Sebaiknya kamu menggunakan Bra yang sesuai dengan ukuran Payudaramu. Jika memang merasa nyaman menggunakan Bra Sport, gunakan yang bahanya nyaman dan tidak kasar.

5. Jaringan Payudara Tertentu

Hal ini cukup langka dan jarang terjadi pada Wanita, namun sebagian kecil wanita ternyata memiliki benjolan yang biasa disebut dengan Payudara Fibrosistik. Wanita yang memiliki jenis jaringan payudara ini akan merasakan nyeri , terlebih saat mengalami Menstruasi. Berdasarkan penelitian dari national Breast Cancer Foundation, Jaringan Payudara membentuk benjolan seperti ini, juga biasa disebut Kista berisi cairan. Hal ini tidak selalu berarti kanker payudara, namun Payudara ini akan terasa nyeri dan lebih sensitive, saat terjadi perubahan hormonal.

6. Terlalu Banyak Kafein

Ini khusus untuk anda, wanita yang gemar minum Kopi. Tidak ada hubungan yang terlalu signifikan antara Kopi dan rasa nyeri pada Payudara, namun hasil studi mengungkapkan bahwa kafein yang terkandung pada kopi atau pada Teh bisa berpengaruh terhadap ketidaknyamanan Payudara kita. namun, hal ini akan terasa lebih sensitif pada wanita yang memiliki jaringan Payudara Fibrokistik tadi. Jika anda memiliki jaringan Payudara yang normal, sepertinya tidak akan masalah. Dianjurkan, kepada para wanita agar lebih sehat, sebaiknya minum air putih saja, ini akan membuat anda lebih sehat.

7. Efek Samping Obat

Payudara anda juga bisa terasa sakit karena disebabkan oleh efek samping obat yang mungkin sedang dikonsumsi saat ini. beberapa obat, memiliki dampak buruk pada produksi hormone estrogen yang diproduksi tubuh wanita. Sebaiknya, konsultasikan dengan dokter agar dipilihkan obat yang tidak mempengaruhi hormone wanita, terutama saat kita sedang menstruasi. Jika memang tidak ada obat yang tepat dan khawatir ini bisa membuat Payudara kita nyeri, sebaiknya anda beralih ke obat yang lebih alami dan tidak menimbulkan efek samping apapun.

8. Operasi Payudara

Saat ini, sebagian wanita merasa lebih baik jika mereka memiliki Payudara yang cenderung Big Size. Mereka merasa lebih sexy dan percaya diri. Namun, sayangnya tidak semua wanita terlahir dengan Payudara yang besar. Obsesi terhadap Payudara besar ini juga tidak sedikit membuat para wanita mengambil jalan pintas, untuk melakukan Operasi pada Payudaranya. Bekas operasi ini, bisa membuat Payudara terasa nyeri, karena Payudara yang baru telah diselipkan suatu benda sehingga membuatnya menjadi besar dan kurang nyaman.

9. Ukuran Payudara

Ukuran payudara wanita yang lebih besar, cenderung akan sering mengalami nyeri. Hal ini terjadi karena kesalahan memilihan Bra, atau juga Payudara kamu yang memang sensitif. Jika dibiarkan, terkadang nyeri ini bisa menjalar hingga ke bagian leher, bahu dan punggung. Payudara yang besar, seharusnya menggunakan bra dengan ukuran yang tepat. Jangan memaksakan untuk memakai bra yang sempit, sekalipun untuk membuatnya tampak kecil. Percaya diri saja dengan apa yang anda punya dan rawatlah Payudara anda dengan baik.

10. Abses Pada Payudara

Abses Payudara adalah peradangan yang berupa bengkak, memerah karena adanya akumulasi nanah pada bagian payudara wanita. Umumnya, hal ini terjadi pada wanita yang setelah hamil dan menyusui. Abses ini umumnya bisa terjadi pada wanita yang memiliki berat badan berlebih. Selain itu payudara wanita yang besar dan yang kurang menjaga kebersihan payudaranya bisa merasakan nyeri karena penyakit ini. jika Payudara tiba-tiba nyeri dan kemerahan serta agak bengkak, dan saat menyusui kamu malah merasa kesakitan, segera konsultasikan ke dokter ahli dan cari tahu bagaimana penanggulanganya.


Artikel Ini Sudah di Post di Cintaihidup.com



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 7 Plus

Ini Dia 5 Prediksi Tren e-Commerce Indonesia di Tahun 2017

Simak Tips Menghindari Cyber Crime Saat Berbelanja Online