Lakukan Hal Ini Untuk Merancang Keuangan Masa Depan Yang Lebih Baik


Sebagian  besar dari kita tentu ingin mulai merancang keuangan untuk masa depan. Di masa depan nanti, kebutuhan kita akan semakin tinggi, sehingga keadaan financial kita seharusnya lebih meningkat, bukanya malah mengalami penurunan. Namun, ketika ingin mulai merancang keuangan dengan lebih baik, beberapa kebiasaan buruk kita ternyata belum bisa hilang, sifat boros kita sering kali membuat keadaan keuangan menjadi kurang stabil.

Stevepb
Menjelang masa depan, sebaiknya kita sambut dengan kesiapan diri dan juga kesiapan financial yang maksimal, agar dapat hidup lebih bahagia nantinya. Jika tidak pernah kita bisa memulainya hanya karena kendala yang diakibatkan diri sendiri, kita tidak akan pernah bisa memulai untuk memiliki keuangan yang maksimal dan sangat stabil.

Mulailah merancang keuangan untuk masa depan yang lebih baik , dengan beberapa hal mudah ini:



1.       Mulai dengan Anggaran dan catatan Keuangan

Anggaran dan Catatan keuangan ini adalah yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja yang menjadi pengeluaran anda dan juga berapa pendapatan yang anda punya. Baik itu dari hasil anda bekerja sendiri, atau juga anda diberi dana khusus oleh pasangan, sebaiknya anda buat versi catatan keuanganya. Hal ini akan menjadi penting, saat dimana anda merasa keuangan mulai tidak stabil, namun apa yang menjadi penyebabnya anda tidak sadar. Jika sudah tercatatan dalam Anggaran dan Catatan keuangan tersebut, maka sekecil apapun bisa diketahui.

2.       Lunasi Seluruh Tagihan Kartu Kredit

Jika anda memiliki utang Kartu kredit, niatkanlah dalam diri anda bahwa di masa depan nanti, anda tidak ingin ada tagihan ini lagi yang membuat keuangan anda menjadi kurang stabil. Segeralah lunasi Utang kartu kredit tersebut secepatnya. Jika anda merasa utang anda begitu besar, cobalah untuk minta keringanan kepada pihak terkait, agar utang anda diberi potongan, sebelum pelunasan terjadi. Setelah lunas, usahakan untuk tidak menggunakan Kartu Kredit Lagi.

3.       Memprioritaskan Tabungan dan Investasi

Kedua hal ini biasanya menjadi hal yang cukup sulit untuk dilakukan, karena anggapan masih banyak kebutuhan yang belum terpenuhi, dan juga masih banyak sesuatu yang ingin dimiliki. Jika anda selalu berfikir seperti ini, memang akan sangat sulit untuk bisa menabung apalagi berinvestasi. Cara yang benar adalah saat mendapat gaji, anda alokasikan langsung untuk tabungan dan Investasi.


4.       Memiliki Dana Darurat, Asuransi Jiwa dan Kesehatan Dalam Jumlah Cukup

Merancang keuangan tentunya belum lengkap tanpa memperkirakan Dana darurat  dan Asuransi. Kedua hal ini juga penting untuk dimiliki setiap orang, yang sedang merencanakan keuangan masa depan. Untuk memiliki Dana darurat dan Asuransi sepertinya ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, yaitu pastikan kita memiliki penghasilan yang lebih besar daripada pengeluaran yang konsumtif. Untuk dana darurat pastikan terkumpul sesuai kebutuhan anda. Jika anda sudah memiliki tanggungan , fikirkan juga untuk membuat Asuransi Jiwa.

5.       Tingkatkan Literasi Keuangan

Pengertian Literasi Keuangan adalah kemampuan kita dalam bidang keuangan untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Selain itu, Literasi juga berarti membedakan mana yang menjadi Aset dan kewajiban jika terjadi dalam skala besar. Dengan Literasi keuangan, diharapkan kita bisa lebih cermat lagi dalam membedakan post kebutuhan kita.

Merancang Keuangan Dengan Memulai Dari Hal Kecil

Merancang keuangan untuk masa depan adalah suatu perubahan yang besar. Untuk melakukan perubahan yang besar tersebut, maka bisa dimulai dari langkah yang kecil. Untuk menjalankan langkah kecil tersebut dibutuhkan niat yang kuat serta komitmen untuk melakukan perancangan keuangan tersebut.

Artikel Ini Telah diPosting oleh Cermati.com




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kelebihan dan Kekurangan iPhone 7 Plus

Ini Dia 5 Prediksi Tren e-Commerce Indonesia di Tahun 2017

Simak Tips Menghindari Cyber Crime Saat Berbelanja Online